Membentuk karakter siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler

Jum'at, 28 Juli 2023 sekolah kami SMPN 1 Tanjung Bintang mengadakan kegiatan ekspo ekskul. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan ekstrakulikuler kepada siswa baru.  Para siswa kelas 8 dan 9 yang telah mengikuti ekstrakurikuler diminta menampilkan atraksi dan performancenya. Mereka didampingi guru pembimbing serta pelatih ekskul masing-masing. Sedangkan siswa kelas 7 diminta untuk melihat penampilan kakak kelasnya. Setelah melihat penampilan kakak kelasnya menyalurkan minat dan bakatnya, mereka diharapkan dapat mengambil keputusan penting untuk mengambil ekskul yang mereka minati. 

Kegiatan ekstrakulikuler ini bertujuan mengembangkan kemampuan, potensi, dan rasa tanggungjawab, serta memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas pengalaman sosial, maupun akademi mereka melalui pengembangan diri di kegiatan ekskul.

Kegiatan ekstrakulikuler membawa pembelajaran praktis, membantu siswa mengembangkan keterampilan seperti kepemimpinan, komunikasi, kerja tim, dan pemecahan masalah. 

Kegiatan ekskul di SMPN 1 Tanjung Bintang di laksanakan setiap hari sabtu pada minggu ke tiga dan ke empat di akhir kegiatan belajar, sehingga tidak menggangu kegiatan belajar dan mengajar siswa.

Siswa di wajibkan untuk memilih ekskul yang mereka minati, nanti nya hasil dari penilaian dari kegiatan ekskul siswa akan masuk dalam Raport atau laporan hasil belajar siswa

Ada beberapa ekstrakulikuler yang tampil di kegiatan ekskul expo di antaranya : Pramuka, OSN, Rohis, Sepak bola, Karate, Pencak Silat, Jurnalis, Seni musik dan tari, Seni Suara, dan PMR.

Demikianlah salah satu cara kami mendidik siswa menemukan minat dan bakatnya. Bila mereka dapat menyalurkan bakat dan minatnya dengan baik, maka akan terbuka lebar pintu kesuksesan dalam meraih impian. Hiduplah dengan apa yang kau sukai dan kuasai.