Parenting Class SMPN 1 Tanjung Bintang

Selasa 24 Oktober 2023 telah di laksanakan kegiatan parenting di SMPN 1 Tanjung Bintang, Alhamdulillah kegiatan tersebut mendapat respon yang baik dari para orang tua, hal ini menyadarkan kita semua bahwa hubungan yang baik antara peserta didik dan orang tua sangat memberikan dampak positif terhadap perkembangan anak-anak kita.


Kegiatan ini merupakan wadah bagi orang tua/wali untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam mendidik anak. Kegiatan parenting ini merupakan salah satu kegiatan yang ada dalam program kemitraan sekolah dengan  keluarga untuk mewujudkan keselarasan cara mendidik anak di sekolah dan di rumah, melalui peningkatan interaksi dan komunikasi positif antara orang tua dengan sekolah serta penguatan kemampuan orang tua dalam menumbuhkan karakter dan budaya prestasi anak di rumah


Pada kegiatan ini yang menjadi narasumber adalah Ibu Lisnaini, S.Pd, M.Pd yang juga kepala  SMPN 1 Tanjung Bintang, yang memberikan materi bagaimana menjadi orang tua yang baik, materi selanjutnya di sampaikan oleh Bpk Tursino, S.Pd, M.Pd selaku guru BK, yang menyampaikan sosialisasi mengenai sistem POIN pelanggaran di sekolah.

Selanjutnya materi di sampaikan oleh Ibu Annisa Silfiani, S.Pd yang menjelaskan bagaimana menjaga hubungan yang baik antara orang tua dengan anak. Dimana anak-anak ikut di hadirkan, pada saat tersebut orang tua dan anak dapat mempraktikkan bagaimana komunikasi antara orang tua dan anak, serta tanpa di sadari ketika mereka saling berkomunikasi air mata pun jatuh, hal ini  menandakan bahwa mereka sudah menyadari perannya masing masing.


Peran orang tua sangat berpengaruh dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, karena melalui orang tua anak pertama kali belajar dan mengenal segala sesuatu. Perilaku dan nilai-nilai yang ditanamkan orang tua kepada anak merupakan landasan bagi perkembangan kepribadian dan tingkah laku selanjutnya. Keluarga mempunyai banyak kesempatan melakukan interaksi dengan anak, kualitas interaksi ini akan mempengaruhi karakter anak.


Proses interaksi yang di terima akan menjadikan dasar bagi anak untuk berinteraksi di luar rumah, termasuk di sekolah dan di masyarakat. Oleh karenanya untuk dapat menumbuhkan karakter yang positif terhadap anak didik di sekolah sangat di perlukan adanya sinergi antara wali murid dan guru.


"Kita bukanlah orangtua yang sempurna, maka jangan selalu menuntut sempurna dari anak-anak kita. Berjalanlah bersama, saling genggam harapan, ingin memberi dan melakukan yang terbaik" (Lisnaini S.Pd, M.Pd)